Hard Drive Capacity

Anda pasti ingin mengetahui berapa banyak kapasitas file yang akan disimpan di hard disk computer atau laptop. Hard disk adalah komponen yang paling bekerja lebih keras dari semua bagian dalam komputer . Penting untuk kita ketahui berapa banyak lagi kapasitas hard disk setelah kita menyimpan data didalamnya. Karena kapasitas hard disk akan berkurang setiap kita menyimpan file baru.

Setiap tahun produsen komputer memberikan kapasitas penyimpanan yang lebih besar ke produk hark diskĀ  mereka. Ada parameter tertentu yang menentkan besarnya kapasitas hard disk komputer. Faktor lain dalam menentukan ukuran hard disk adalah bagaimana tingkat pembuatan produk mereka. Beberapa produsen hard disk berpikir bahwa satu megabyte adalah satu juta byte. Beberapa produsen lain percaya bahwa itu adalah setara dengan 1.024 byte kuadrat.

Selalu periksa kapasitas hard disk Anda. Anda pasti ingin mengetahui berapa besar lagi ruangan hard disk yang dapat digunakan untuk menyimpan dat anda, sehingga Anda bisa menghapus beberapa file yang tidak penting. Untuk memeriksa hard drive anda, ada beberapa pilihan untuk melakukannya:

  • Di sudut kiri bawah taskbar, klik pada tombol start.
  • Sebuah menu muncul, pilih My Computer, jendela akan terbuka.
  • Klik sekali pada Local Disk C. Di bagian bawah bar biru di sisi kiri bawah layar, Anda akan melihat ukuran dari hard drive dan ruang yang tidak terpakai atau ruang bebas.

Melalui prosedur ini, Anda akan tahu banyak tentang hard disk komputer anda. Anda akan mengetahui ruang disk, jumlah file, indeks, bad sector, file sistem yang digunakan, log file, dan ruang bebas.

Cara lain yang sederhana untuk mencari tahu kapasitas hard disk adalah dengan menggunakan perintah DOS. Versi baru dari Windows OS tidak memiliki perintah DOS tetapi mereka memiliki cara DOS seperti.

  • Pada sisi kiri bawah layar, klik pada Start.
  • Ini membuka beberapa menu, klik Run.
  • Kotak Run membuka baris
  • Tulis chkdsk, dan tekan Enter.
  • Setelah beberapa saat, informasi dan jawaban atas masalah diketahui.
  • Jika anda ingin menyimpan info yang Anda bisa mulai dengan mengklik c: \ dan menyalin item.

Perintah CHKDSK dapat digunakan untuk menampilkan karakteristik penting tertentu dari hard disk. Ini cara yang bagus untuk memeriksa kapasitas menganalisis direktori dari drive tertentu. Informasi tersebut menenampilkan bagaimana kapasitas hard drive sedang digunakan. Perintah CHKDSK menampilkan laporan pada jumlah memori yang tersedia di sistem anda, kapasitas hard drive sedang digunakan, bad sector juga dilaporkan dan

Begitu Anda telah belajar bagaimana menemukan kapasitas hard disk Anda, Anda tidak perlu khawatir tentang menghapus beberapa file atau file “meluap” karena anda dapat mengontrol berapa banyak file hard drive Anda akan berisi. Sebuah hard drive dengan kapasitas memori yang sangat kecil tidak dapat menampung file-file besar. Jika Anda memiliki file penting, yang tidak dapat dihapus karena pentingnya mereka, Anda harus meningkatkan atau upgrade kapasitas hard disk anda. Upgrade ke kapasitas yang lebih tinggi tidak akan dikenakan biaya begitu banyak. Yang penting adalah adanya ruang lebih untuk penyimpanan file anda file Anda.